Kamis, 13 Agustus 2020

WORKSHOP ONLINE SAGUSABLOG DASAR (46)



Seorang guru di masa pandemi Covid-19 sangat perlu membangun suasa menyenangkan saat proses belajar secara online bersama para siswa. Untuk itu, Pembelajaran secara online harus dilakukan secara menyenangkan, kreatif dan inovatif. Banyak media pembelajaran online/daring (dalam jaringan) yang dapat digunakan, salah satunya dengan menggunakan blog.

Blog merupakan singkatan dari web log, yaitu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Melalui blog, guru dapat memposting materi berupa artikel, video, maupun soal-soal latihan. 

Alhamdulillah, sebagai salah satu anggota Ikatan Guru Indonesia, saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti WORKSHOP ONLINE SAGUSABLOG DASAR (46) pada tanggal 10 sampai 16 Agustus 2020. Dalam pelatihan ini, para guru diajarkan bagaimana cara membuat Media Pembelajaran Berbasis Blog kelas Dasar dengan materi sebagai berikut: 
  • Membuat blog dengan blogger 
  • Mengganti dan mendesain template bawaan blogger 
  • Mendesain Header blog 
  • Mengelola dan Menghias Blog 
  • Membuat dan Mengelola Menu Blog 
  • Membuat dan mengelola soal online di google drive 
Berikut video penjelasan singkat bagaimana cara membuat blog, memasang template pihak ketiga, mendesain header dan custom domain:

Sumber: Mung Media YouTube Channel 

Materi lengkap dapat dilihat pada link dibawah ini: 
Dalam pelatihan kali ini, saya masuk ke kelas 46-K dibantu oleh para pelatih handal yaitu Ibu Rubaida Rose dan Ibu Linda Liana, serta pastinya sang master trainer Mr. Mung, yang sangat sabar dalam membimbing kami para peserta selama workshop.

Tidak hanya itu, peserta yang lulus juga akan mendapatkan E-Sertifikat, bahkan 2 sertifikat sekaligus khusus bagi peserta yang berhasil mengintegrasikan video hasil record screen OBS kedalam blog Guru (contoh E-Sertifikat Sagusablog dapat didownload disini). Tentunya hal ini semakin meningkatkan antusias saya dalam mengikuti workshop Sagusablog hingga lulus. Wish me luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar